Datangkan Narasumber Dari Yogyakarta, Desa Kacangan Adakan Pelatihan Budidaya Ayam Petelur

Administrator 09 Oktober 2021 00:37:32 Berita Desa

Bojonegoro – Kacangan, 09 Oktober 2021 Tim HALOTIK dari Kabupaten Blitar datang ke Balaidesa Kacangan sebagai Narasumber Bimbingan Teknis Pelatihan Budidaya Ayam Petelur di Desa Kacangan. Undangan Bimtek yang di buat Pemerintah Desa Kacangan sebagai salah satu wujud dalam pembangunan Sumber Daya Manusia yang bisa bersaing dan survive di bidang peternakan ayam petelur ini minimal bisa sebagai salah satu sumber pendapatan bagi para peternak maupun masyarakat. Peserta dihadiri para peternak Desa Kacangan, Perangkat Desa dan juga dari Peternak Desa Dolokgede.

Didukung dengan program Pemerintah Provinsi  Jawa Timur yang diberikan oleh Desa Kacangan sebagai Desa Berdaya menggelontorkan dana  bantuan yang bertujuan agar menjadi salah satu modal untuk desa dalam mengembangkan potensi yang ada di desa utamanya di bidang Peternakan Ayam.

Dibuka dengan narasi Kepala Desa Kacangan agar peserta Bimtek memahami penjelasan yang diberikan oleh Narasumber dengan cermat, karena beternak ayam petelur ini salah satu peluang yang harus dimanfaatkan oleh para peternak di masa pandemi ini disebabkan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai potensi provit yang dihasilkan oleh para peternak ayam petelur. Pak Kades juga membahas mengenai harga dan persaingan penjualan telur saat ini, supaya para peternak tidak down mental atau pesimis dalam melihat pasar dan modal yang diperlukan dikarenakan semua ini sebuah investasi dan usaha jangka panjang  yang diharapkan mampu mengangkat perekonomian para peternak khususnya peternak di desa kacangan.

Bimtek dilanjutkan dengan presentasi  Dr. Deni selaku pelaku usaha peternak ayam petelur serta seorang dokter tim HALOTIK, dia menjelaskan jika kunci utama dalam beternak ini adalah SOP dalam pemeliharaan. Diharapkan dengan SOP yang dilakukan dengan tertib investasi uang yang dikeluarkan oleh para peternak dapat berkembang. Kita harus tahu dalam hal teknis jika kurang lebih 70-75 persen dalam pengeluaran uang untuk  pemeliharaan ayam adalah pakan itu sendiri ,maka bagaimana kita bisa menekan pemberian pakan dan dapat mendapat hasil yang maksimal untuk hasil telur itu sendiri. Pakan Mix atau pakan olahan sendiri menjadi salah satu hal yang penting untuk menekan pemberian pakan, jika menggunakan pakan pabrikan dengan harga telur saat ini dijamin hasil keuntungan yang diperoleh pun akan kecil bahkan cenderung rugi karena tidak seimbang apa yang dikeluarkan dengan apa yang didapat.

Mas Riko salah satu narasumber yang juga memberikan saran serta bimbingan secara teknis jika peternakan ayam petelur ini adalah merupakan bisnis padat modal, dimana modal yang dikeluarkan sangat besar maka dari itu kita harus pintar mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik,

 Dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab oleh seluruh tim Halotik dengan para peternak. Kendala apa yang dirasakan oleh peternak saat ini, sebelum beternak ayam petelur  teman-teman KPK (Kelompok Peternak Kacangan) juga pernah memelihara Ayam Kampung, ayam Arab dan Ayam JOPER (Jowo Super) atau ayam kampung super. Semua itu dibahas di dalam sesi diskusi ini.

Setelah selesainya acara ini akan di adakan survey lapangan pada besok hari Minggu 10 Oktober 2021

 

Ugo/KacanganCepat.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan Kasi Pelayanan Kaur TU dan Umum Kaur Keuangan Kaur Perencanaan Kepala Dusun

Peta Desa Kacangan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung